Wednesday 24 June 2015

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D TERBARU

Posted by dwialova
Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D TERBARU  – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial photoshop tentang cara membuat teks menjadi 3D. Tutorial ini memanfaatkan 3 aspek, yaitu pencahayaan, shadow, dan Layer Styles. Level kesulitannya sedang, tidak terlalu susah. Bagi pemula pun bisa membuatnya asal teliti dalam melakukan setiap langkah-langkah yang telah disediakan. Oke Langsung saja berikut tutorialnya :


Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D hasil akhir



.

Langkah 1 :

Buat dokumen baru di photoshop (Ctrl+N) dengan rincian :
Width : 1000 pixel
Height : 1000 pixel
Resolution : 300
Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 1




Langkah 2 :

Ganti warna layer “Background” dengan warna #494949. (Abu-Abu Tua)

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 2




Langkah 3 :

Tulis sebuah text, dalam tutorial kali ini saya menggunakan text “DESAIN” dengan font Bebas Neue. Kalau sobat belum mempunyainya silahkan download terlebih dahulu. Atau menggunakan font yang lain juga tidak apa-apa, ini hanya contoh saja. ;)

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 3




Langkah 4 :

Klik 2x layer ‘desain’ untuk membuka menu Layer Styles. Kemudian klik gradient Overlay dengan rincian sebagai berikut :
Blend mode -> Multiply
Opacity -> 50%
Angle -> -65

Jika sudah klik ok. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 4




Langkah 5 :

Klik ikon Add New Layer untuk membuat layer baru, kemudian beri nama layer baru tersebut dengan “awal”. Kemudian tekan Ctrl+Klik pada layer “desain” untuk mengambil seleksi bentuk pada layer tersebut. Sementara seleksi aktif, klik kembali layer “awal”, lalu tekan Alt + Delete untuk mengisi layer “awal” tadi dengan warna hitam.

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 5




Langkah 6 :

Duplikat layer “awal” dengan menekan tombol shortcut Ctrl+J di keyboard, kemudian beri nama layer hasil duplikasi tadi dengan “akhir”. Posisikan layer “akhir” seperti gambar dibawah. Jika sudah, drag layer “awal” dan “akhir” dibawah layer “desain”. Hide layer “desain” agar tidak menghalangi untuk sementara.  Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 6




Langkah 7 :

Duplikat layer “awal” sebanyak 15x dengan menekan tombol Ctrl + J. Seperti gambar dibawah ini :

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 7




Langkah 8 :

Klik layer “akhir”, tahan Shift di keyboard lalu klik layer “awal” untuk menyeleksi layer-layer tersebut di layer palette. Jika sudah, klik kanan pada salah satu layer dan pilih Link Layers. Nanti akan muncul tanda rantai pada layer-layer yang diseleksi tadi.

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 8




Langkah 9 :

Sementara semua layer tadi aktif dan nge-link, klik ikon Distribute Vertical Center kemudian klik ikon Distribute Horizontal Center untuk membuat layer-layer yang tadi tersusun sedemikian rupa. Lalu tekan tombol Ctrl+E untuk menggabungkannya dan ubah nama layer hasil penggabungan tadi menjadi “shadow”. Lebih jelasnya bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini :

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 9
Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 10




Langkah 10 :

Klik layer “shadow”, kemudian pilih :
Filter > Blur > Motion Blur
Atur nilai pada jendela Motion Blur dengan rincian :
Angle : -45
Distance : 50 Pixel
Lebih jelasnya bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini :

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 11




Langkah 11:

Ubah blend mode layer “shadow” menjadi Multiply dan Opacity menjadi 40%. Seperti pada gambar dibawah ini :

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 12




Langkah 12 :

Duplikat layer “shadow”, pada layer “shadow copy” berikan juga efek motion blur sekali lagi. Akan tetapi pada layer ini nilai distance-nya dirubah menjadi 70%. Maka bayangannya akan lebih tebal dan panjang seperti gambar dibawah ini :

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 13




Langkah 13 :

Selanjutnya, diatas layer “Background” buat  layer baru dan beri nama dengan “lighting”. Pada layer ini berikan warna gradasi hitam ke putih dengan Gradient Tool (G) dan atur arahnya seperti gambar dibawah ini. Jika sudah, ubah blend mode menjadi Overlay dan opacity menjadi 50%.

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 14




Langkah 14 :

Sekarang kita kembali ke layer “effects”, klik 2x layer tersebut untuk membuka menu Layer Styles. Pada menu Layer Styles, pilih Bevel and Emboss dan atur nilai-nilainya sesuai dengan gambar dibawah ini :

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 15




Langkah 15 :

Masih pada menu Layer Styles untuk layer “effects”, klik pada Pattern Overlay. Kemudian klik icon tanda panah seperti yang diillustrasikan digambar dibawah untuk mendapatkan pattern dengan kategori Artist Surfaces. Kemudian pilih pattern bernama Washed Watercolor Paper. Ubah blending mode pada Pattern Overlay menjadi Multiply dan Opacity menjadi 75%.

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 16
Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 18



.

Langkah 16 :

Beri juga efek Pattern Overlay pada layer “Background”. Tapi pada layer ini pilih pattern dengan nama Hard Charcoal Light. Ubah juga blending mode menjadi Multiply dan Opacity menjadi 75%, jika sudah klik Ok.

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D 17



.

HASIL AKHIR

Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D hasil akhir



Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D TERBARU Bagaimana dengan tutorial photoshopnya, cukup mudah bukan? Sekian Tutorial Cara Membuat Teks Menjadi 3D, semoga bermanfaat bagi sobat semua.

0 comments:

Post a Comment